Thursday 5 April 2012

YPN Brigjend Katamso: Nilai Budi Perkerti Perlu Ditanamkan

Nilai Budi Pekerti Perlu Ditanamkan
MEDAN|OB – Pendidikan merupakan dasar dalam pembentukan karakter nilai -nilai kemanusiaan dan budi pekerti, di mana semakin banyaknya nilai kemanusiaan yang dikembangkan, maka semakin baik pertumbuhan masyarakat , bangsa dan negara.

Demikian dikatakan Mantan Konsulat India di Medan, Chitoori Rommel dalam seminar pendidikan nilai -nilai kemanusiaan dan budi pekerti, di Yayasan Perguruan Nasional Brigjen Katamso, Jalan Pinang Baris Medan Sunggal, hari ini (11/10).
Ia mengatakan, nilai kemanusiaan yang terkandung dalam diri seseorang dapat mengandung makna membawa keluar yang didalam diri dan melakukannya dalam tindakan.
“Untuk membawa keluar dari dalam diri, setiap orang harus membentuk pengetahuan dan kapasitas yang bersifat terpendam didalam diri. Selain itu, potensi fisik, mental, spritual dan kaidah kebijakan dalam diri juga diperlukan,” ucapnya.
Ia menjelaskan, nilai kemanusian dan budi pekerti juga merupakan intisari dari semua kebajikan, baik dari dalam (internal) dan keluar (eksternal) dari kehidupan manusia.
“Beberapa konsep nilai – nilai kemanusiaan dan budi pekerti yang perlu ditanamkan dalam setiap diri seseorang . Pertama, menjalankan ke lima nilai – nilai kemanusiaan, yakni mengendalikan kelima indra baik hati, tangan, kepala serta proses menuju perubahan,” ucapnya.
Ia menambahkan, dalam setiap diri manusia memiliki kekeuatan yang besar , yaitu kasih sayang yang tinggi. Di mana rasa kasih sayang setiap manusia adalah sejatinya kekuatan tuhan yang maha kuasa.
Sementara itu, Ketua Yayasan Brigjen Katamso, Mohan Leo Memberi mengatakan, seminar ini ditujukan kepada guru, agar mereka mengerti akan budi pekerti sehingga dapat diterapkan kepada anak didiknya.